MUSRENBANG RKPD KABUPATEN SEKADAU TAHUN 2023

SHARE

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Tingkat Kabupaten Sekadau Tahun 2022 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2023 diadakan hari Kamis, 17 Maret 2022 bertempat di Aula Kantor Bupati Kabupaten Sekadau. Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat Daerah Pemilihan Kabupaten Sekadau-Sanggau, Anggota DPRD Kabupaten Sekadau, Kepala Perangkat Daerah, Para Asisten dan Staff Ahli, para Camat, Polri, TNI, Stakeholder Pembangunan dan dari Lembaga Swadaya Masyarakat. Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Tingkat Kabupaten Sekadau Tahun 2022 dilaksanakan secara Faktual maupun Virtual.

Pemerintah Kabupaten Sekadau melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) sampai menjadi Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD). Hal ini sesuai dengan ketentuan dalam pasal 27 ayat (2) Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004, mengenai Sistem Perancanaan Pembangunan Nasional. Dalam pasal tersebut telah mengamanatkan suatu proses pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kepada Pemerintah Daerah. Sehingga dalam Proses penyelenggaraan Musrenbang itu harus bersifat partisipatif, akuntabel, transfaran lebih menekankan pentingnya mendorong keterlibatan seluruh stakeholders termasuk kelompok masyarakat miskin dan perempuan.

Musrenbang ini sebagai forum komunikasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas perencanaan pembangunan daerah yang merupakan kelanjutan dari Musrenbang Tingkat Desa, Musrenbang Tingkat Kecamatan yang telah dilaksanakan oleh 7 Kecamatan dari tanggal 7 -23 Februari 2022, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Forum Gabungan Perangkat Daerah pada 7-8 Maret 2022 dengan menghasilkan sejumlah kesepakatan untuk dirumuskan kedalam Rancangan Akhir RKPD Kabupaten Sekadau Tahun 2023.

Hal utama yang ingin dicapai dari penyelenggaraan Musrenbang Tingkat Kabupaten ini adalah penetapan kesepakatan mengenai arah kebijakan pembangunan, prioritas pembangunan dan sasaran pembangunan daerah tahun 2023. Begitu juga dengan penetapan kesepakatan daftar usulan kegiatan prioritas pembangunan Kabupaten Sekadau Tahun 2023 berdasarkan urusan dan kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Pusat yang akan dibiayai oleh APBD, APBD Provinsi dan APBN serta sumber-sumber pendapatan lainnya.