MUSRENBANG RKPD KABUPATEN SEKADAU TAHUN 2023 TINGKAT KECAMATAN DI KECAMATAN SEKADAU HILIR

SHARE

Dalam tahapan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Sekadau, salah satu prosesnya adalah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten di Kecamatan. Forum musyawarah ini sebagai lanjutan dari pelaksanaan Musrenbang Desa yang telah dilaksanakan di seluruh Desa Sekabupaten Sekadau.

Dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD di Kecamatan Sekadau Hilir dihadiri peserta seluruh Desa se Kecamatan Sekadau Hilir. Peserta dari Desa meliputi Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa, Lembaga Masyarakat Desa, Tim Penggerak PKK Desa, Tokoh Masyarakat Desa, Forkopimcam Kecamatan Sekadau Hilir serta pemangku kepentingan lain tingkat Desa.

Sesuai pasal 98 ayat (3) Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 bahwasanya pelaksanaan Musrenbang RKPD di Kecamatan dilaksanakan paling lambat minggu kedua bulan Februari. Seperti yang kita ketahui bersama, pada saat pelaksanaan Musrenbang ini juga berlangsung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sesuai instruksi Mendagri yang salah satunya membatasi kegiatan yang menimbulkan kerumunan termasuk kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Sekadau Tahun 2023 tingkat Kecamatan.
Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Sekadau Tahun 2023 tingkat Kecamatan di Kecamatan Sekadau Hilir dibuka secara resmi oleh Bupati Sekadau, Aron,SH. Dalam sambutan pembukaan disampaikan bahwa tahun 2023 merupakan tahun ke-3 RPJMD Kabupaten Sekadau tahun 2021-2026. Sebelum mengakhiri sambutan Bupati Sekadau, Aron,SH menekankan beberapa hal sebagai berikut: agar camat lebih cepat dan tanggap terhadap segala situasi dan kejadian yang ada apalagi akhir-akhir ini telah memasuki musim penghujan; meningkatkan kewaspadaan dan kesiap siagaan dalam menghadapi bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi di wilayah kita. saya menekankan agar penanganan pasca bencana menjadi perhatian kita bersama; agar camat beserta seluruh perangkat desa mensukseskan vaksinasi covid-19;  agar camat dan perangkat desa senantiasa menghimbau dan mengingatkan  masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dalam berbagai acara untuk menghindari lonjakan kasus covid-19; camat, kepala desa dan seluruh perangkatnya dapat turut serta mensosialisasikan visi,misi dan program unggulan IP3K kepada seluruh lapisan masyarakat. Acara dilanjutkan pemaparan oleh Plt. Kepala Bappedalitbang Kabupaten Sekadau dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan.

Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan, Mirza Suryadi, S.STP, M.A.P, menyampaikan bahwa Tahapan pembangunan RPJMD ke 3 tahun 2023 merupakan  tahap pembangunan lanjutan, yaitu tetap melakukan percepatan penyediaan infrastruktur dasar dan konektivitas daerah (desa ke kecamatan, antar kecamatan,   dan kecamatan ke ibu kota kabupaten), optimalisasi pemanfaatan infrastruktur untuk peningkatan kegiatan ekonomi terutama pada komoditi yang menjadi unggulan daerah, peningkatan status desa, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

 

@ppepcrew