Visi Bappeda

Dalam upaya menjamin efektifitas dan efisiensi pelaksanaan pembangunan daerah sebagaimana diamanatkan dalam RPJMD Kabupaten Sekadau 2016-2021, diperlukan perencanaan yang terarah dan terpadu dan dapat menampung seluruh tuntutan kepentingan yang berkembang dalam masyarakat. Untuk itu, perencanaan tersebut harus bersifat akomodatif, realistik dan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan dilandasi keinginan untuk mencapai sasaran tersebut, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sekadau yang diberi amanat untuk mengemban tugas dalam merumuskan perencanaan daerah dalam mengkoordinasikan dan mengarahkan pelaksanaan pembangunan daerah agar terintegrasi, maka visi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sekadau adalah :

" Terwujudnya Pembangunan Daerah yang Berkualitas, Aspratif, Visioner dan Berdaya Saing "

Untuk menyamakan persepsi tentang visi tersebut, maka dijabarkanlah pengertian dari kata-kata kunci visi yakni sebagai berikut sebagai berikut :

  • Berkualitas mengandung pengertian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sekadau secara kelembagaan harus berkualitas, sehingga segala rumusan kebijakan perencanaan pembangunan yang akan ditetapkan dan dilaksanakan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan prosedural serta berdaya saing.
  • Aspiratif Perencanaan harus merupakan output dari proses penyusunan perencanaan dari bawah ke atas (bottom-up palnning) atau perencanaan yang dihasilkan dari proses penjaringan aspirasi dan isu-isu yang berkembang di masyarakat
  • Visioner Dalam pengertian Visi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sekadau tersebut maka sebagai lembaga teknis di lingkungan Permerintah Kota Sekadau yang memiliki kewenangan dalam perencanaan pembangunan dan pengendalian, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sekadau secara kelembagaan harus berkualitas, sehingga segala rumusan kebijakan perencanaan pembangunan yang akan ditetapkan dan dilaksanakan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan prosedural.
  • Berdaya saing adalah keadaan dimana tenaga kerja dan komoditi yang dihasilkan di suatu daerah dapat berkompetensi dengan tenaga kerja dan komoditi yang dihasilkan oleh daerah lain atau negara lain. Suatu daerah akan memiliki daya saing tinggi jika proses ekonomi di daerah itu tidak mengeluarkan biaya yang lebih tinggi dari seharusnya. Hal ini dapat diperoleh sebagai akibat dari dicapainya kemajuan dan kemandirian daerah. Disamping itu, daya saing daerah akan meningkat jika IPM  daerah lebih tinggi (Pendidikan, kesehatan, dan ekonomi lebih baik), kualitas generasi muda meningkat dalam bidang seni budaya maupun olahraga serta kerukunan hidup beragama dan kesejahteraan sosial terjaga dengan baik.

Dalam kaitannya dengan kredibilitas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sekadau sebagai lembaga perencanaan, harus memenuhi beberapa syarat yaitu:

  1. Aspiratif artinya dalam penyusunannya keterlibatan para pemangku kepentingan (stakeholders) secara aktif pada setiap tahapan perencanaan pembangunan menjadi suatu keniscayaan.
  2. Aplikatif artinya produk perencanaan dengan mudah dapat dijadikan sebagai bahan acuan dan pedoman bagi SKPD maupun  pemangku  kepentingan lainnya.

Penetapan Visi tersebut juga didukung oleh fakta dan data bahwa fungsi perencanaan di masa mendatang sangat strategis dan menentukan kemajuan suatu daerah. Berdasarkan pemahaman tersebut, sangatlah rasional pada masa mendatang diperlukan langkah dan tindakan pemantapan lembaga perencanaan pembangunan, penelitian dan pengembangan sebagai lembaga mandiri, profesional, berkualitas, akuntabel dan transparan. Pemantapan fungsi dan peran perencanaan pembangunan ke depan harus melalui upaya-upaya yang lebih cerdas dan terarah namun tetap ramah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan guna tercapainya kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.